BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 21 November 2009

AURORA???

Aurora muncul saat elektron bermuatan tinggi dari angin matahari melintasi medan magnet bumi dan berinteraksi dengan atmosfer bumi ratusan kilometer di atas permukaan bumi. Ketinggiannya hampir sama dengan ketinggian orbit Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Ini menyebabkan kadang kala ISS terbang melintasi aurora. Astronot Donald Pettit mengatakan bahwa dia merasa hampir menyentuh aurora dengan tangannya karena aurora begitu dekat dan indah.

An aurora as seen from the Andoya Rocket Range in Norway Foto aurora yang diambil di Andoya Rocket Range, di Norwegia. Karena dipengaruhi oleh medan magnet bumi, aurora hanya dapat dilihat di sekitar kutub utara dan kutub selatan bumi. Aurora yang dilihat dari bumi tampak seperti tirai yang menutupi langit di malam hari.

A green and red aurora spreading on the top of Earth's atmosphere (Photo by Astronaut Pettit, the ISS Expedition 6 Crew) Aurora Borealis difoto dari ISS. Kamu dapat melihat aurora merah tumpang tindih dengan aurora warna hijau. Warna aurora bergantung pada komposisi atmosfer sehingga warna aurora berubah-ubah sesuai ketinggian. (foto oleh Astronot Pettit, awak Expedisi 6 ISS )

An aurora over Canada, as taken from the ISS (Photo by Astronaut Pettit, the ISS Expedition 6 Crew) Aurora hijau yang cerah menyebar di atas langit Kanada. Di foto ini, garis batas antar-aurora dapat dilihat dengan jelas. Di sebelah kiri gambar, cahaya dari lampu kota-kota di Kanada dapat terlihat.

An aurora and the Earth�s atmosphere, as seen from the ISS  (Photo by Astronaut Pettit, the ISS Expedition 6 Crew) Foto ini diambil ketika matahari terbenam. Keindahan pemandangan aurora dan pelangi di gambar ini sangat memukau.




Mari kita lihat di sekitar kita. Tidakkah kita melihat dan mengamati berbagai gejala alam di sekitar kita? Mengapa air membeku pada suhu nol derajat? Mengapa sinar matahari tidak membakar tubuh kita walaupun mengandung panas? Bagaimana cara kerja perangkat elektronik yang kita gunakan sehari-hari? Pasti pertanyaan-pertanyaan ini sering terlintas dalam pikiran kita.

Aurora adalah salah satu fenomena alam yang menarik. Bagaimana konsep fisika dapat menjelaskan gejala alam ini?

Aurora adalah salah satu fenomena alam yang menarik. Bagaimana konsep fisika dapat menjelaskan gejala alam ini?

Kami menghadirkan situs ini sebagai sarana untuk mengenal lebih dekat dengan konsep-konsep fisika. Melalui situs ini kami berharap para pembaca mempunyai referensi dan alternatif bacaan tentang konsep fisika dan dapat membaca dan menggunakannya kapan saja dimana saja.

kami sangat mengharapkan partisipasi anda, para pembaca semuanya, untuk berkenan memberikan komentar, tanggapan, kritik, saran, dan pertanyaan. Kami mengharapkan peran anda untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan situs ini agar menjadi lebih baik.

Kami sangat menghargai apabila anda tetap mencantumkan nama situs ini sebagai sumber saat mengutip atau menggunakan tulisan-tulisan yang ada di website ini.

Kami juga menyediakan sarana konsultasi dan diskusi seputar fisika dan pendidikan. Silakan klik halaman konsultasi dan diskusi untuk mengetahui lebih lanjut.



NSF PA/M 02-28 - May 21, 2002

Note About Images

Photo 1

the Southern Lights, over the geodesic dome at NSF's Amundsen-Scott South Pole Station; caption is below

Aurora Australis, the Southern Lights, over the geodesic dome at the National Science Foundation's Amundsen-Scott South Pole Station. The aluminum dome has housed the main station buildings since the '70s.
Photo credit: Jonathan Berry / National Science Foundation


Aurora Australis, the Southern lights, over the National Science Foundation's station at the South Pole. This image shows the atmospheric phenomenon over a wing of the new station that NSF is building. The new station, adjacent to the existing station, will replace the aluminum dome that has housed NSF's scientific facilities since the 1970's.
Photo credit: Jonathan Berry / National Science Foundation


The full moon over the new and the old buildings at NSF's Amundsen-Scott South Pole Station.
Photo credit: Jonathan Berry / National Science Foundation

Photo 4

Southern Lights, over the flagline to a building at NSF's Amundsen-Scott South Pole Station; caption is below

The Aurora Australis, or Southern Lights, over the flagline to a building in the "clean-air sector" at NSF's Amundsen-Scott South Pole Station. Flaglines are used during the winter months at the South Pole to ensure the safety of those who have to cross open areas between buildings during periods of high winds, blowing snow, and extreme darkness.
Photo credit: Jonathan Berry / National Science Foundation

0 komentar: